Skip to main content

Penyelamat Kulit: Apa yang Dimaksud dengan Imunitas Kulit?

Editor’s Picks | Des 18, 2018
Artikel terkait
Editor’s Picks
Future Solution LX: Harta yang Paling Berharga Dalam Setiap Botolnya
From the Experts
Cara Mudah Untuk Mengaplikasikan Foundation agar Terlihat Natural
From the Experts
Semua Cara yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Membersihkan Wajah

Kekebalan adalah salah satu kata kunci di tahun ini  yang sering kita dengar dan temukan dalam industri perawatan kulit menurut para ahli kecantikan, tetapi apa sebenarnya yang dimaksud denganimunitas kulit? Kita semua sudah melakukan konsumsi vitamin, mengkonsumsi sayuran seperti bayam dan kangkung yang juga dapat di olah menjadi smoothie. Kita juga tahu tips sehat lainnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita ketika kita merasa lelah, tetapi bagaimana kita dapat membantu meningkatkan kekebalan kulit kita dengan benar? Dan apa efek yang sebenarnya terjadi pada kulit Anda? Kami mempelajari ilmu perawatan kulit dan cara melindunginya dari serangan sehari-hari seperti polusi dan stres.

Defini dari Imunitas Kulit

Kulit Anda adalah pertahanan pertama untuk melawan berbagai virus, bakteri, mikroba, dan racun. Sel-sel ini bekerja sebagai penyangga terhadap kuman, dan juga melindungi kulit Anda dari polusi udara, sinar UV dan berbagai tekanan yang dapat mengakibatkan stress sehingga berdampak bagi kulit.. "Sel-sel Langerhans, yang ada di lapisan atas epidermis, mendeteksi berbagai penyebab kerusakan kulit dan memperingatkan sel-sel lain untuk menjalankan fungsi kekebalan tubuh," jelas Dr. Junichi Hosoi, ilmuwan senior di Shiseido.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, berbagai faktor penyebab kerusakan kulit yang menjadi satu seperti stres, diet dan serangan eksternal seperti asap kendaraan bermotor, radiasi, polusi, dan cuaca lingkungan yang tidak menentu, dapat mengurangi kekuatan sel-sel pelindung ini. Jadi, pada saat tubuh Anda merasa lelah, akan sangat rentan terhadap kuman, Anda mungkin akan jatuh sakit,  berpotensi terjadinya iritasi yang dapat menembus kulit saat sel-sel Langerhans lelah. Selanjutnya kulit Anda dapat mengalami satu atau beberapa masalah.

Produk Imunitas Kulit yang Tepat untuk Anda?

Di sisi lain, sebagian dari Anda mungkin melakukan diet agar lebih sehat atau agar penampilan terlihat lebih ideal. Gaya hidup tersebut juga dapat membantu memperkuat dan melindungi kulit Anda dari faktor-faktor lingkungan yang merusak seperti polusi, sayangnya tidak semua produk benar-benar dapat memengaruhi kekebalan kulit Anda, tetapi mereka dapat bekerja untuk membantu meningkatkan pertahanan kulit terhadap serangan eksternal. Meskipun tidak secara khusus meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda (karena ini harus dilakukan dari dalam), para ilmuwan di Shiseido telah melakukan penelitian selama 20 tahun dengan menciptakan Shiseido Ultimune Power Infusing Concentrate. Disebut sebagai "pertahanan diri untuk kulit Anda", produk ini bekerja dengan membantu melindungi kulit Anda dari luar terhadap tekanan eksternal. Cairan ini juga berfungsi untuk melembabkan dan menghaluskan kulit  dan memberikan efek agar wajah terlihat lebih segar. Setelah dua minggu menggunakan produk ini,  beberapa wanita merasa bahwa kulit mereka lebih halus dan lebih kenyal.

Apa yang dimaksud Inflamasi Kulit?

Ketika sebagian orang menderita kulit sensitif, salah satu penyebabnya karena reaksi peradangan internal terhadap beberapa pemicu eksternal. Mereka yang memiliki kulit sensitif memiliki reaksi peradangan internal yang lebih kuat, sehingga saat kulit mereka melakukan kontak lansgung dengan parfum, kosmetik, logam atau bulu hewan peliharaan tertentu dapat menyebabkan kulit menjadi gatal, merah dan kering. Sayangnya hal tersebut biasanya bersifat turun temurun tetapi dapat dihadapi dengan menutrisi kulit dengan produk perawatan yang memiliki kandungan antioksidan, dari dalam ke luar.

Bagaimana Anda bisa mengelola kulit yang meradang dan sensitif?

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa tubuh mengubah lemak makanan menjadi bahan kimia pro-dan anti-inflamasi yang disebut prostaglandin. Bagi yang memiliki kulit sensitif biasanya mengalami kekurangan enzim yang dapat membantu mengubah lemak ini menjadi bahan kimia anti-inflamasi. Ini berarti kulit mereka bereaksi lebih sering. Salah satu cara untuk membantu mengtai hal tersebut adalah dengan mengonsumsi suplemen asam lemak esensial - GLA, EPA dan DHA - serta mengonsumsi makanan yang kaya EPA dan DHA secara alami, seperti minyak ikan.

Jangan lupa untuk mencari tahu kandungan yang terdapat dalam produk perawatan kulit Anda yang akan dapat membantu menenangkan dan mengatasi permasalahan kulit. Shiseido Ultimune Power Infusing Concentrate mengandung zat anti-inflamasi dari tanaman alami untuk membantu menjaga kulit Anda tetap tenang dan sehat. Kandungan didalamnya juga termasuk daun gingko biloba dan tanaman thyme liar, serta daun shiso Jepang, yang melindungi kulit terhadap sebum yang teroksidasi yang dapat menyebabkan jerawat.

Manfaat lainnya yang dapat semakin memperkuat kulit

Shiseido Ultimune Power Infusing Concentrate secara khusus dibuat untuk mengusahakan dan membantu sel-sel Langerhans yang melemah dengan menggunakan kombinasi bahan-bahan yang dapat menenangkan kulit. CM-Glucan adalah turunan ragi yang telah terbukti membantu kulit dengan perlindungan dari dalam secara alami. Kombinasinya terdiri dari air mawar Bulgaria yang menenangkan dan sangat lembut, serta humektan yang dapat membantu meningkatkan fungsi sel Langerhans untuk menjaga kelembaban kulit Anda.

Adakah cara lain yang bisa kami lakukan untuk membangun pertahanan kulit Anda secara alami?

"Tidak ada yang meragukan jika molekul terpenting untuk meningkatkann dan menjaga kesehatan kulit adalah vitamin A," jelas Tracy Tamaris, salah satu pendiri Institut Internasional untuk Anti-Penuaan. "Vitamin A memiliki tugas utama untuk mematangkan dan meningkatkan pertumbuhan untuk diferensiasi sel." Pendekatan dari berbagai sisi adalah yang terbaik, yang berarti perawatan kulit yang benar, diet yang baik dengan mengkonsumsi buah dan sayuran dengan kandungan serat tinggi, protein dan konsumsi air putih – ditambah dengan mengkonsumsi vitamin Omega 3 dan 6. “Sangat penting untuk menambahkan perlindungan antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin A juga penting, karena melindungi sel-sel Langerhans dan mencegahnya dari kerusakan, ”tambah Tamaris.