Skip to main content

Semua Cara yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Membersihkan Wajah

Danielle Fox | From the Experts | Des 18, 2018
Artikel terkait
From the Experts
Industry Insider: Semua yang Anda Tanyakan Mengenai Polisher Akan Terjawab
From the Experts
101 Rahasia Kecantikan:Cara Tepat Menggunakan Facial Oils

Pembersihan wajah adalah salah satu langkah terpenting dalam tata cara perawatan kulit wajah Anda. Menurut para ahli, ada cara yang benar dan cara yang salah untuk membersihkan wajah. Simak cara-cara kami berikut ini untuk menguasai cara membersihkan wajah yang sempurna. Kulit yang lebih baik dapat dimulai di sini ...

Mengapa Membersihkan Wajah Sangat Penting?

Pembersihan sangat penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati; makeup; sunblock; keringat; minyak; dan polutan akibat, yang kesemuanya dapat menyumbat pori-pori. Selain itu juga dapat menghentikan penyerapan semua produk perawatan wajah yang Anda pakai dan bahkan dapat memicu berbagai masalah yang dapat mengganggu daya tahan kulit dan pigmentasi.

Apakah yang Dimaksud dengan "Double Cleansing"?

Dalam era di saat  formula makeup yang dapat digunakan  untuk jangka waktu yang lama dan meningkatnya polusi perkotaan, pembersihan wajah secara ganda harus dilihat sebagai salah satu cara normal bagi kebanyakan para ahli kulit. "Pertama-tama gunakan pembersih berbasis minyak untuk menghilangkan kosmetik dan sublock," kata dokter kulit yang berdomisili di London, Dr Sam Bunting. "Lalu, lihat pembersih kedua Anda sebagai langkah untuk membantu meregenerasi sel kulit mati dan polutan terkecil apapun yang disebabkan oleh partikel polusi."

Seberapa Sering Sebaiknya Anda Membersihkan Wajah?

Membersihkan wajah di malam merupakan hal wajib, yang tidak bisa ditawar lagi untuk menghilangkan makeup, sun block dan kotoran apa pun dari siang hari. Namun, jangan lupa juga membersihkan wajah di pagi hari, terutama jika Anda memiliki kulit yang rentan akan permasalahn seperti bercak; jerawat; dan garis-gari halus.  Pada malam hari, kulit dapat menghilangkan racun melalui pori-pori, jadi Anda dapat memulai hari dengan membersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran yang mungkin masih tersisa dan memungkinkan produk perawatan apa pun yang Anda gunakan agar lebih mudah diserap dan  berkerja efektif. “Tetapi mereka yang memiliki kulit kering dan tidak memiliki minyak berlebih di zona-T dapat melewati langkah ini untuk melindungi fungsi penghalang mereka,” kata Dr. Bunting. Pelindung lapisan kulit dapat membantu meminimalkan resiko agar kulit tidak mengalami dehidrasi dan sangat penting untuk kulit yang sehat dan terjada kelembabannya.

How Often Should You

Apakah Memungkinkan Jika Membersihkan Kulit Secara berlebihan?


Cara yang salah dalam membersihkan wajah dapat mengganggu fungsi pelindung kulit Anda dan tentunya hal ini tidak baik. Penting untuk menyadari bahwa kulit "bersih menyeluruh" berarti Anda sudah terlalu jauh. Kuncinya, menurut Dr Bunting, adalah meluangkan waktu, menerapkan produk Anda pada kulit lembab, memijatnya, memberikannya waktu satu menit penuh untuk bekerja, kemudian membilasnya dengan air hangat (bukan panas) dan menilai apakah Anda perlu lembut bersihkan lagi.

Bagaimana Cara yang Benar Untuk Memilih Pembersih Wajah?

Pemilihan pembersih wajah yang Anda pilih biasanya tergantung pada preferensi pribadi, tetapi sebaiknya dipilih bedasarkan jenis dan kondisi kulit: kulit kering membutuhkan pembersih wajah yang dapat melembabkan (SHISEIDO Clarifying Cleansing Foamr adalah titik awal yang bagus), pembersih yang berbahan dasar minyak atau sejenisnya (cobalah SHISEIDO Essentials Perfect Cleansing Oil); kulit sensitif dapat bekerja dengan baik dengan busa pembersih (cobalah SHISEIDO WASO Quick Gentle Cleanser); untuk jenis kulit normal dan kombinasi dapat memilih jenis kulit yang sesuai dengan preferensi jenis kulitnya (cenderung kering atau cenderung berminyak).

Bisakah Jenis Kulit Berminyak Menggunakan Pembersih yang Mengandung Kadar Minyak?
Hal ini tampaknya berlawanan dengan apa yang seharusnya dilakukan, tetapi karena pembersih yang mengandung minyak dekat dengan pH alami kulit mereka tidak akan menyebabkan jerawat. Jadi pembersih yang mengandung kadar minyak dapat mengontrol minyak dalam riasan, dan polutan seperti debu dan sebum, menghilangkannya tanpa menggunakan bahan-bahan yang bersifat keras.